Informasi Lengkap Biaya Dan SyaraT Pembuat PT Perorangan 2022
Informasi Lengkap Biaya Dan SyaraT Pembuat PT Perorangan 2022

Informasi Lengkap Biaya Dan SyaraT Pembuat PT Perorangan 2022

Diposting pada

Sudah banyak masyarakat ketahui, bahwa saat ini sudah banyaknya dari mereka yang tengah terjun unntuk membuat PT perorangan atau perseroan terbatas.

Bisa anda semua simpulkan, Pt merupakan sebuah bentuk bidang perusahaan yang bisa di buat oleh perorangan atau kelompok, yang di mana modal di dapatkan dari investor saham.

Saat ini sudah banyak darimasyarakat begitu tertarik untuk membuat PT perorangan, tetapi harus mengetahui terlebih dahulu peraturan yang telah tercatat dalam UU No. 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas.

Bukan hanya itu, anda juga harus memperhatikan UU No. 11 Tahun 2020 mengenai Cinta Kerja, sebab saat ini sudah ada yang di ubah oleh pemerintah di UUPT sejak di adakannya UU Cipta Kerja.

Ketentuan Pembuatan PT Setalah Adanya UU Cipta Kerja

Informasi Lengkap Biaya Dan SyaraT Pembuat PT Perorangan 2022
Informasi Lengkap Biaya Dan SyaraT Pembuat PT Perorangan 2022

Ketentuan pertamma yang saat ini telah berlaku dalam pembuatan PT, Yang di mana pendiri sebuah PT harus minimal berjumlah dua orang pemegang saham bisa juga lebih.

Bagi para pemegang saham yang telah di tentukan oleh orang-orang yang akan membuat PT, wajib untuk mengambil bagian saham yang telah di tentukan, setelah PT berdiri.

Tetapi aturan tersebut juga bisa saja tidak di berlakukan apabila terjadi jelasnya seperti di bawah ini:

  1. PT yang mengelola bursa efek, Lembaga kliring ataupun Lembaga yang berkecimpung di pasar modal
  2. PT yang masuk kategori UMKM
  3. Badan Usaha Hak Desa
  4. Badan usaha Hak Daerah
  5. Pt yang mempunyai saham milik Negara/BUMN

Adapun untuk membuat sebuah PT, sebelumnya akan di adakannya perjanjian tertulis di antara para pemegang saham. Perjanjian yang di buat, akan tertuang setelah PT berdiri di dalam akta otentik di hadapan notaris. Dan perjanjian yang di tentukan harus di buat dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Modal Awal Pembuatan PT

Sudah tercatat dalam UU no.40 Tahun2007 yang berbunyi, masyarakat pembuatan sebuah PT memerlukan modal. Yang telah dii bagi tiga, modal dasar, modal di tempatkan dan juga modal disetro.

  • Modal Disetor merupakan modal yang diambil oleh pendiri PT akan disetorkan ke Kas PT. Jumlahnya adalah 25% dari modal dasar dan dibuktikan dengan bukti sah penyetoran dari Bank.
  • Modal Ditempatkan ialah jumlah saham yang telah diambil oleh pemegang saham/ pendiri misalnya karena terjual namun belum terbayar secara penuh. Oleh sebab itu, pemegang saham yang telah mengambil saham punya kewajiban untuk menyetor ke PT.
  • Modal dasar adalah keseluruhan uang modal saham PT yang disebut di dalam Anggaran Dasar. Sesuai dengan UU No. 11 Tahun 2020 tentang cipta kerja, maka besaran modal dasar disesuaikan dengan keputusan pendiri PT. Artinya tidak ada lagi batas minimum modal dasar PT, kecuali bagi PT yang melaksanakan aktivitas usaha khusus (perbankan, asuransi)

Susunan Penanggung jawab Di Batasi

Salah satu susunan yang harus di miliki PT perorangan, Direksi, Dewan Komisaris serta Rapat umum pemegang saham. Tujuannya untuk saling bertanggung jawab dan melengkapi agar PT yang di dirikan lancar.

Nah maka susunan penangung jawab sangatlah berperan besar, ketika akan mendirikan PT perorangan, harus di pikirkan terlebih dahulu secara matang-matang.

Konpensi Pembuatan PT

Adapun konpensi pembuatan PT, ada beberapa data-data yang harus di persiapkan, untuk kelancaran mendirikan Pt perorangan ini sebagai berikut:

  • Mempersiapkan Nama PT

Untuk membuat Pt, terlebih dahulu anda harus memiliki nama terlebih dahulu, dan di ajukan kepada Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (DJAHU). Nama PT harus singkat padat dan jelas.

  • Domisili PT

Saat Pt akan di dirikan, maka alamat lengkap harus di cantumkan. Dimana tempat tersebut dan domisili PT pun harus sama tidak boleh berbeda.

  • Maksud Dan Tujuan Berdirinya PT

Hal ini juga di pertanyakan ketika anda akan membuat PT. Maka klarifikasi dengan apa yang anda jalankan nantinya di dalam PT yang di buat harus sama tidak boleh berbeda.

  • Tersurat Nama Pengelola PT

Tersurat PT harus berdiri dengan adanya Direksi dan Dewan Komisaris. Keduanya ini memiliki tugas yang berbeda-beda. Direksi mengatur jalannya Pt di kegiatan sehari-hari; Dewan Komisaris mengawasi kegiatan dan juga menjadi penggawa Direksi.

Akta Pendirian PT

Yang telah di pilih menjadi Notaris akan memasukan sebuah data-data yang telah di persiapkan sebelumnya pada sistem Administrasi Hukum Umum (AHU) melalui online.

Legalisasi Kedudukan Badan Hukum PT

Untuk Pt perseroan sendiri, akan mendapatkan status badan hukum, jika saja telah mendaptarkan kepada Menteri.

Menggapil Perizinan Usaha Serta Izin Produktif

Saat ini untuk menggapil perizinan sebuah Pt sangatlah mudah, karena sudah adanya OSS.

Nah begitulah jika ingin membuat Pt perorangan di tahun 2022 ini. Jika saja masih ada yang belum di pahami jangan segan untuk mempertanyakannya kepada saya. Sebisa mungkin saya akan mmemberikan sebuah informasi yang belum di ketahui oleh anda semunaya.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.