Jenis Bisnis Perdagangan Besar
Jenis Bisnis Perdagangan Besar

Jenis Bisnis Perdagangan Besar

Diposting pada

Bisnis perdagangan besar adalah jenis bisnis atau kegiatan pelaku ekonomi besar yang melakukan proses pembelian dan juga penjualan dalam skala yang besar.

Kegiatan ekonomi tersebut terjadi antara pedagang besar, ke pihak industri atau bisnis yang berskala kecil. Baik berupa impor, ekspor ataupun proses distribusi. Beberapa yang termasuk bisnis perdagangan besar diantaranya:

Bisnis Perdagangan Besar

1. Perdagangan bahan bakar padat, cair dan gas

Adalah termasuk perdagangan besar yang masuk pada kelompok perdagangan bakar padat, air dan gas serta turunan sejenisnya. Termasuk juga minyak mentah, minyak bumi mentah, bahan bakar diesel, oli, solar, minyak tanah, arang, batu bara dan lain sebagainya yang dibeli dalam jumlah besar dan dijual kembali dalam jumlah besar.

2. Perdagangan besar bijih logam dan logam

Perdagangan bijih logam dan logam seperti bijih besi, bijih alumunium, tembaga, baja dan lain sebagainya. Diperjualbelikan untuk kepentingan pabrik skala besar.

3. Bahan kontruksi

Bahan kontruksi seperti baja, pelat baja, pipa besi, kawat, paku, mur dan lain sebagainya. Dibeli dan dijual untuk ketersediaan bahan dan alat proyek kontruksi.

4. Mineral radioaktif

Perdagangan mineral radioaktif seperti torium, uranium, dan bahan radioaktif lainnya. Sebagai penyedia mineral radioaktif untuk pasar perdagangan besar.

5. Bahan dan barang kimia

Bahan dan barang kimia seperti kimia industri, seperti perekat kimia, resin buatan, tinta printer, metanol dan lain sebagainya juga termasuk dalam perdagangan besar.

Selain yang disebutkan di atas, ada banyak lagi yang termasuk dalam perdagangan besar. Namun, dalam hal ini ternyata masyarakat masih ada yang sulit membedakan antara perdagangan besar dan pedagang besar.

Pedagang besar adalah pedagang yang memperjualbelikan barang dalam jumlah besar. Termasuk pabrik, supermarket, distributor industri dan lain sebagainya. Mereka membeli barang untuk kemudian dijual pada agen, pedangang kecil, toko-toko dan lainnya.

Perdagangan besar juga diatur dalam sistem pemantauan pasar. Baik dalam hal perizinan dan peraturan dari menteri perdagangan yang termuat pada peraturan pemerintah.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.